Jumat, 14 Maret 2014

Espresso, Macchiato, Capuccino, Latte? What's the different?

1. Espresso

Espresso

Espresso adalah kopi yang diseduh dengan sejumlah air yang hampir mendidih. Espresso umumnya lebih kental dibandingkan kopi tubruk atau metode kopi jenis lainnya. Konsentrasi kopinya sangat tinggi dan biasanya diproses dengan memberikan  tekanan tertentu sehingga sari kopinya benar-benar diperas habis. Espresso asli biasanya diminum tanpa campuran pemanis ataupun susu, dan disajikan dalam gelas kecil yang disebut dengan shot.

2. Macchiato



Caffee Macchiato

Macchiato adalah jenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio kopi dan susu, 4:1. Macchiato memiliki dua jenis, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.

Perbedaan antara dua jenis kopi tersebut adalah Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sedangkan apabila espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu, maka minuman tersebut disebut dengan latte macchiato.
Espresso macchiato disajikan dalam cangkir espresso kecil (demitasse) berukuran 60-90ml. Banyak dari orang Italia yang menambahkan gula pada minuman ini. Sedangkan latte macchiato disajikan dalam gelas tinggi yang berukuran lebih besar.

3. Capuccino
 
 Cappucino 
 
Kopi dengan penambahan susu, krim dan serpihan cokelat. Cappuccino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Definisi yang lain menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Selain espresso yang baik, unsur terpenting dalam membuat cappuccino adalah tekstur dan temperatur susu.

4. Latte
 
  
 
Latte adalah jenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi, 3:1 dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Di AS kombinasi latte terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu panas, sehingga lebih terasa susunya dibanding cappuccino.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar